Selasa, 17 Januari 2017

Sistem Informasi Akuntansi : 4.3. Pengendalian, Tujuan, Ancaman, Dan Prosedur



    Di dalam siklus pendapatan, SIA yang didesain dengan baik harus menyediakan pengendalian yang memadai untuk memastikan bahwa tujuan-tujuan berikut ini dicapai:
        Semua transaksi telah diotorisasikan dengan benar.
        Semua transaksi yang dicatat valid (benar-benar terjadi).
        Semua transaksi yang valid, dan disahkan, telah dicatat.
        Semua transaksi dicatat dengan akurat.
        Aset (kas, persediaan, dan data) dijaga dari kehilangan ataupun pencurian.
        Aktivitas bisnis dilaksanakan secara efisien dan efektif.

Ancaman dan prosedur pengendalian aplikasi entri pesanan penjualan
Ancaman
Prosedur Pengendalian yang dapat
diterapkan
1. Pesanan pelanggan yang tidak lengkap atau tidak akurat
            Pemeriksaan edit entri data
2. Penjualan secara kredit ke pelanggan yang memiliki catatan kredit buruk
            Persetujuan kredit oleh manajer bagian kredit, bukan oleh fungsi penjualan; catatan yang akurat atas saldo rekening pelanggan.
3. Legitimasi pesanan
            Tanda tangan di atas dokumen kertas, tanda tangan digital dan sertifikat digital untuk e-business
4. Habisnya persediaan, biaya penggudangan, dan pengurangan harga.
            Sistem pengendalian persediaan

Ancaman dan prosedur pengendalian aplikasi pengiriman
Ancaman
           
Prosedur Pengendalian yang dapat
diterapkan
1. Kesalahan pengiriman:
    Brg. Dag. Yang salah
    Jumlah Yang salah
    Alamat yang salah
            Rekonsiliasi pesanan penjualan dengan kartu pengambilan dan slip pengepakan; pemindai kode garis; pengendalian aplikasi entri data
2. Pencurian persediaan
Batasi akses fisik ke persediaan;
Dokumentasi semua transfer internal persediaan; perhitungan fisik persediaan secara periodik persediaan dan rekonsiliasi perhitungan dengan jumlah yang dicatat

Ancaman dan prosedur pengendalian aplikasi penagihan dan piutang usaha 
    Ancaman
    Prosedur Pengendalian yang dapat
    diterapkan
    1. Kegagalan untuk menagih pelanggan
    Pemisahan fungsi pengiriman dan penagihan;
    Pemberian nomor terlebih dahulu ke semua dokumen pengiriman dan rekonsiliasi faktur secara periodik; rekonsiliasi kartu pengambilan dan dokumen pengiriman dengan pesanan penjualan
    2. Kesalahan dalam penagihan
    Pengendalian edit entri data
    Daftar harga
    3. Kesalahan dalam memasukkan data ketika memperbarui piutang usaha
    Rekonsiliasi buku pembantu piutang usaha dengan buku besar; laporan bulanan ke pelanggan

Ancaman dan prosedur pengendalian aplikasi penagihan KAS
Ancaman
Prosedur Pengendalian yang dapat
diterapkan
1. Pencurian Kas        
Pemisahan tugas; minimalisasi penanganan kas; kesepakatan lockbox; konfirmasikan pengesahan dan penyimpanan semua penerimaan;
Rekonsiliasi periodik laporan bank dengan catatan seseorang yang tidak terlibat dalam pemrosesan penerimaan kas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar